Rabu, 03 Oktober 2012

Sekilas Tentang Hnie

Mengenal Hnie Calista Lebih Dekat!!



Hnie Calista dilahirkan pada 5 September 1989 di Purwokerto pukul 07.05 AM dengan nama lengkap Hanifa Meiske Calista. Semasa kecilnya ia hidup berpindah-pindah mengikuti ke dua orang tuanya. Ia pernah menetap di Batam, Singapura, dan Tanjung Pinang untuk beberapa tahun. Pendidikan SMP-nya ia selesaikan di Denpasar, Bali. Semasa SMP Hnie aktif menjadi penulis cerpen lepas remaja untuk tabloid pelajar di Bali "Wiyata Mandala" dan membuat komik. Karya komiknya untuk pertama kali diterbitkan dalam proyek kumpulan komik hasil karya klub Bengkel Seru  (bengkel seni rupa) IPB pada tahun 2010 dengan judul "Mahasiswa IPB Bikin Komik?!"

Setelah lulus SMP, Hnie melanjutkan SMA-nya di Purwokerto. Semasa itu ia aktif di kegiatan OSIS, karya ilmiah, teater, majalah sekolah serta bermain dalam beberapa judul film Indie yang ditayangkan di stasiun televisi lokal. Pada tahun seniornya di SMA Hnie juga sempat menjadi guest DJ (penyiar radio) dalam program High School Time, International Chanel dan menjadi reporter program acara "Kotaku" di radio PRO 2 FM RRI Purwokerto. Karya ilmiah yang ia buat bersama dua orang temannya dengan judul pengaruh pencemaran air pada pertumbuhan ikan seribu (lebistes sp) mendapatkan juara 1 untuk karya ilmiah bidang eksakta se-karisidenan Banyumas tahun 2005. 

Faktor usia yang masih terlalu muda membuatnya gagal lolos seleksi tahap akhir pertukaran pelajar ke Australia, sehingga ia memutuskan untuk mendaftar di Institut Pertanian Bogor jurusan Arsitek lanskap lewat jalur PMDK dan diterima di jurusan Komunikasi IPB. Walaupun bukan diterima di jurusan yang ia minati sejak awal, Hnie tetap merasa beruntung bisa belajar di jurusan komunikasi karena semua kecintaannya terhadap jurnalistik, film, dan fotografi bisa ia salurkan. Karya jurnalistiknya yang berjudul "Pasar Tumpah" (straight news) mendapatkan juara 1 untuk peliputan berita terbaik dalam Jurnalistic Fair 2008 yang diselenggarakan oleh SCTV dan IPB.  Semasa kuliahnya Hnie juga aktif sebagai aktivis kampus bagian legislatif serta pendiri klub teater, musik&lukis. Selama tahun 2008, Hnie dan teman-temannya yang tergabung dalam kelompok Alamakjan Production House telah mengeluarkan 2 karya film Indie. Ia bermain sekaligus menjadi sutradara dalam film pendek Indie yang berjudul "Copet" berdurasi 10 menit dan "Ayam Kampus" yang berdurasi 30 menit. Tugas Akhir magangnya ia tempuh di perusahaan Advertising bagian Departemen Kreatif yang mengiklankan produk Wings dan Lion grup.

Saat ini Hnie selain aktif merancang busana untuk labelnya H2 Collection, Hnie juga aktif sebagai perencana keuangan dan agen asuransi. Perkenalannya dengan dunia keuangan dan asuransi bermula sejak ia kuliah dengan menjadi agen asuransi di Prudential. Setelah lulus kuliah Hnie semakin aktif dalam menekuni minatnya dalam dunia keuangan dan asuransi. Pendidikan profesi perencana keuangannya ia tempuh di Universitas Indonesia,  melalui sertifikasi FBSP. Sebagai perencana keuangan Hnie aktif memberikan penyuluhan financial bahkan secara gratis di berbagai lembaga dan radio yang banyak menembak segmentasi anak muda berusia 35 tahun ke bawah. Tidak hanya bagi anak muda, Hnie juga memberikan pengetahuan finansialnya bagi anak-anak termasuk anak jalanan dan kaum duafa. Ia juga aktif sebagai kontributor di forum keuangan Safir Senduk&Rekan.

Bagi siapa saja yang ingin menghubungi Hnie atau sekedar berkonsultasi secara gratis maka bisa layangkan ke:
  • Email   : finance4young@gmail.com 
  • Twitter : @hniecalista

Share:

1 komentar: